Selamat Datang

Terima kasih sudah mengunjungi Blog saya. Blog ini dibuat untuk media berbagi ilmu dan pengetahuan, baik untuk keperluan belajar mengajar atau hal hal lain yang membangun.
Semoga anda dan saya mendapat hal baik dari Bog ini. GBU.

Sabtu, 13 Agustus 2011

Penyusunan Draft Master Plan SMKN 2 Salatiga

Master Plan atau versi simplenya Site Plan, adalah sebuah pedoman yang harus diikuti oleh setiap Organisasi / Intitusi termasuk sekolah. Dengan adanya Master Plan, maka pengembangan sekolah ke depan lebih terarah dan predictable. Sasaran dan tujuan sekolah juga akan lebih mudah dicapai karena pengembangan sudah direncanakan dengan baik dan terukur.

Gambar 1: Site Plan SMKN 2 Salatiga
SMKN 2 Salatiga sudah memiliki Site Plan yang digunakan sebagai pedoman pengembangan sekolah. Namun pada perjalanannya, perkembangan sekolah jauh melamapu apa yang telah direncanakan, sehingga Site Plan / master plan yang ada sudah tidak relevan lagi. Perkembangan tersebut misalnya, dengan ditunjukknya SMKN 2 Salatiga sebagai Tempat Perakitan Mobil Nasiona dimana dibutuhkan tempat yang khusus. Perkembangan jumlah murid jauh meningkat sehingga jumlah fasilitas dan gedung dan bengkel kurang memadai, yang itu belum diakomodasi oleh site plan yang ada. Untuk itu, Review Master Plan menjadi hal yang mendesak.

Sekolah   akan mengadakan Revew dan Rebuild Master Plan untuk 2010 hingga 2020. Review dimulai dengan menginventarisir kebutuhan ruang dan target - target yang ingin dicapai pada 2020. kemudian dari hasil koleksi kebutuhan tersebut, akan diketahui kepastian gambaran SMKN 2 Salatiga pada 2020. Selanjutnya dari hasil tersebut akan dituangkan dalam penataan ruang / gedung, sehingga muncul Site Plan yang valid digunakan hingga 2020.

Semoga kegiatan yang akan dilaksanakan mulai 15 Agustus 2011 besok dapat terlaksana dengan baik dan menghasilkan Master Plan Baru sebagai pedoman pengembangan  bagi SMKN 2 Salatiga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar